Tuesday, July 17, 2012

MENANGANI MASALAH KOMPUTER TIDAK TAMPIL APA-APA MESKIPUN CPU HIDUP

Pagi kawan. Sudah lama gak posting di blog ini karena kesibukan di dunia nyata.
Oke langsung aja. Berhubung saya berprofesi sebagai teknisi komputer saya akan memberikan sedikit tips yang mungkin berguna untuk kawan semua.

Salah satu masalah komputer yang sering kita hadapi adalah monitor tidak menampilkan apa-apa meskipun PC kita hidup. Banyak faktor yang dapat menyebabkan hal ini. Seperti masalah di monitor, VGA card rusak, memori kotor/rusak, atau kemungkinan yang paling parah adalah mother board anda rusak.

Untuk mengetahaui apa yang terjadi sebenarnya, ikuti langkah-langkah berikut ini :
  • Cek monitor atau kabel monitor anda yang terhubung ke CPU. Pastikan dengan CPU lain kalau tidak ada masalah dengan monitor anda. Kemudian lanjut ke langkah ke-2.


Kabel Monitor/VGA

  • Hidupkan komputer. Tekan tombol Num Lock di keyboard beberapa kali. Jika lampu indikator Num Lock berfungsi (hidup mati), kemungkinan masalah ada di VGA card anda. Solusinya buka casing CPU dan ganti VGA card anda dengan VGA card lain. Atau jika VGA card anda onboard, pasanglah VGA card external.
VGA card
VGA card on board
Slot VGA card
  • Kalau pada langkah ke-2 juga tidak berhasil, kemungkinan berikutnya adalah memori. Buka casing CPU dan lepas memori anda dari motherboard. Bersihkan memori dan slot memori sehingga bebas dari debu (kalau bisa motherboard juga di bersihkan). Pasang lagi memori ke slotnya. Pastikan memori sudah duduk dengan benar (lihat cara memasang ram ke motherboard). Hidupkan komputer anda. Kalau masih tidak tampil, coba ganti dengan memori yang lain.
Memory jenis DDR2
Slot memory di motherboard


Cara Pasang Memory

  • Langkah terakhir, jika semua langkah di atas tidak berhasil maka dapat dipastikan motherboard kawanlah yang bermasalah.
Segitu aja dulu tips dari saya. Semoga bermanfaat untuk kawan-kawan pembaca blog ini. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment