Tuesday, July 24, 2012

CARA MEMASANG KONEKTOR KE MOTHERBOARD

Kali ini saya akan membagikan tutorial bagaimana cara memasang konektor ke motherboard.

Sebelumnya kita harus tau apa itu konektor. Konektor adalah penghubung antara motherboard dengan hardware-hardare yang berada di casing seperti tombol power dan power suply.

Ada banyak pin konektor yang terdapat pada motherboard. Tapi kita tidak perlu bingung karena setiap pin di motherboard sudah di beri nama.



Pertama kita akan memasang konektor yang berasal dari lampu LED, spiker, tombol power, dan tombol reset ke motherboard. Letak pinnya biasanya berada di depan slot PCI dan dinamai Panel1 atau F_Panel atau lainnya seperti pada gambar.
Pin tombol power, reset, power LED dan HDD LED

Meski harus berhati-hati, anda tidak perlu khawatir memasang konektornya terbalik karena masing-masing pin di motherboard sudah ada namanya. Tinggal sesuaikan aja namanya dengan nama konektor yang akan di pasang.


Berikutnya, kita hubungkan konektor kabel power yang berasal dari power suply unit (PSU) ke port power yang berada di mobo. Port power biasanya berwarna putih dengan jumlah pin sebanyak 20 buah atau 24 buah. Umumnya letak port power berdekatan dengan slot memori RAM.
Konektor power suply

Model motherboard modern seluruhnya telah menggunakan konektor ATX yang diberi pengait, sehingga pemasangan konektor power tidak mungkin terbalik.

Pasang sesuai pengait

Tancapkan juga konektor power prosesor pada port power tambahan. Konektor power tambahan ini diperlukan bila anda memakai prosesor berbasis Pentium 4, karena prosesor ini memerlukan tenaga tambahan agar dapat berjalan secara optomal.
Konektor power tambahan

Letak port power tambahan biasanya berada di dekat socket prosesor dengan jumlah pin sebanyak 4 buah. Pemasangannya mudah, sesuaikan saja dengan pengaitnya.

Untuk konektor yang lain silahkan anda coba sendiri. Tidak terlalu sulit karena semua pin sudah ada namanya. Contohnya jika anda ingin memfungsikan colokan USB depan, cari pin di motherboard dengan nama USB1 atau USB2 kemudian tancapkan konektornya.

Bagaimana? Mudah kan?
Kalau mengalami kesulitan silahkan hubungi penulis atau tulis komentar di kotak komentar. Saya siap berbagi.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.

No comments:

Post a Comment